-->
Tribunpagi.com

Berita terupdate dan berimbang

  • Jelajahi

    Copyright © Tribunpagi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    settia

    Iklan

    Menjelang Ramadhan Bupati Way Kanan Sidak Pasar Guka

    29/03/22, Maret 29, 2022 WIB Last Updated 2022-03-29T08:58:34Z


     


    TRIBUNPAGI.CO.ID-WAY KANAN

    Dalam rangka menyongsong bulan Ramadhan, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, laksanakan sidak ke Pasar tradisional Kampung Gunung Katun guna mengecek harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok., Selasa (29/3).



    Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Perdagangan, Kadis Koperasi dan UKM, Kasat Pol PP, Camat Baradatu, Kepala Kampung Gunung Katun, aparatur Kampung, Babinsa dan personil Polsek Baradatu.


    Berdasarkan hasil pemantauan secara umum, stok barang kebutuhan pokok cukup dan harga relatif stabil, sedangkan untuk harga telur ayam mengalami kenaikan dari Ro. 45 ribu/karpet, menjadi Rp. 48 ribu/ karpetnya.



    Sedangkan untuk harga minyak goreng, harganya ditentukan oleh pasar, namun kewajiban Pemkab dalam hal ini melihat apakah harga tersebut masih sesuai dengan harga yang telah ditentukan oleh pemerintah, atau kah telah melambung tinggi harganya.




    “Untuk minyak goreng curah sebenarnya harus banyak beredar di pasar dan harganya lebih terjangkau dibandingkan minyak kemasan. Tapi ternyata bahwa stok minyak curah di pasar terlihat masih sedikit.”Adipati.



    Ketika ditanya apakah Pemkab Way Kanan akan menggelar Bazaar Pasar Murah, seperti tahun sebelumnya, Adipati mengatakan, akan melihat perkembangan situasi terlebih dahulu, mengingat masa Pandemi ini.



    “Kegiatan bazar atau pasar murah memang bertujuan untuk membantu masyarakat, namun dalam kegiatan tersebut, juga berdampak mengumpulkan masyarakat, sementara masih berjalannya Pandemi, jadi ya nanti kita lihat perkembangannya,” imbuh Adipati.

    Masih menurut Adipati, seandainya Pemkab Way Kanan akan melaksanakan bazzar, tentunya sistem dan mekanisme yang dirubah, dan berbeda dengan tahun sebelum Covid melanda.




    Terkait apakah Pemkab Way Kanan akan Bazaar Pasar Murah selama Ramadhan nanti seperti tahun-tahun sebelumnya, Bupati Way kanan mengaku masih mempertimbangkan hal tersebut.



    “Nanti akan kita liat , Karna Bazaar mengumpulkan orang banyak dan menimbulkan kerumunan. Kalaupun Nanti ada ya kita pikirkan mekanismenya sehingga tidak ada kerumunan Massa.” Jelas Adipati.



    Dalam kesempatan itu, Adipati meminta pihak produsen untuk mencukupi kebutuhan warga, terutama saat bulan puasa dan Lebaran Idulfitri, dan bagi para pelaku usaha agar tidak menaikkan harga di luar batas kewajaran, apalagi melakukan penimbunan sehingga masyarakat agar tidak panik, guna memenuhi kebutuhannya.




    Sementara itu, salah seorang pedagang dengan jujur mengatakan, bahwa dirinya hanya mendapat jatah dari distributor minyak goreng sebanyak 5 dos saja, yang akan dijual seharga Rp. 25 ribu/900 ml, dan Rp.27 Ribu per Kilo.




    Hal senada juga dilontarkan oleh Kapolsek Baradatu Kompol Edy Saputra, sidak ini dilakukan guna mengecek harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok masyarakat menjelang Ramadan, dan petugas juga menghimbau kepada masyarakat saat beraktivitas di luar rumah, tetap menerapkan prokes terutama penggunaan masker dimasa pandemi covid 19 yang masih belum berakhir. (Deta Suryana)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini