Majelis Adat Pekraman Way Kanan Inisiasi kegiatan Umat Hindu

oleh -183 views

Tribunpagi.com – Waykanan – Ketua Majelis adat pekraman (MAP) kabupaten Way Kanan I Gede Budi Artana, S. Pd, MM menginisiasi kegiatan pembinaan umat Hindu yang dihadiri seluruh umat Hindu sekecamatan Way Tuba di kampung Bumi Dana, kecamatan setempat, Hari ini jumat (11/06).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Made Baliasa dari Parisada hindu dharma Indonesia (PHDI), Wayan Gandawati, S.pd ketua wanita hindu dharma Indonesia (WHDI), Made Swaha, S. Pd, Wakil agama hindu anggota FkUB Way Kanan, Ketut Dian Yayasan sanggar kesenian mulat sarira, dan penyuluh agama Hindu.

I Gede Budi mengatakan bahwa dia menginisiasi sekaligus promotor kegiatan tersebut bersama pengurus pengurus yang lain, “Saya selaku Ketua Majelis Adat Pekraman (MAP) Way Kanan meng inisiasi kegiatan pembinaan
Umat Hindu Di Way Kanan bersama sama pengurus yang lain, “ungkap I Gede Budi.

Masih menurut I Gede Budi,
Kegiatan hari ini di lakukan di Kampung Bumi Dana kecamatan Way Tuba yg dihadiri oleh umat Hindu se kecamatan way tuba.

“Tujuan acara adalah melakukan sima krama atau silahturahmi sekaligus pembinaan agama dan budaya luhur nusantara yang telah diwarisi secara turun temurun,”terang I Gede Budi.

Selanjutnya dia menjelaskan kepada media ini, dia bersama tim mengunjungi kantong kantong umat yang berada pada daerah daerah pedalaman yang agak sulit dijangkau, “yang selama ini sangat kurang pembinaan atau dikunjungi oleh tokoh tokoh agama dari kabupaten maupun provinsi,”imbuh nya.

Selanjutnya Beliau menyampaikan, “
Astungkara …. Dengan kedatangan kami, umat menjadi bersemangat karena merasa punya saudara dan mengayomi mereka. Dengan semangat itulah saya berharap saudara saya ini bisa selalu menjalankan Ibadah Agama dan Budaya yang telah diwarisinya.
Dan yang tidak kalah pentingnya adalah memberi pesan pesan dharma agar mampu menjaga toleransi antar umat beragama, kerena kita hidup dalam masyarakat yang majemuk dengan berbagai suku dan agama. Semua harus terjaga dengan baik agar terciptanya masyarakat Way Kanan yang damai dan sejahtera,”ucapnya.

Terahir I Gede menambahkan, Kegiatan ini akan terus dilakukan dan kwalitasnya akan terus ditingkatkan, “semoga pemerintah daerah kab. Way Kanan juga dapat mensupport kegiatan seperti ini.
Kami sudah mengunjungi kantong kantong umat yang ada di Way kanan hampir disemua kecamatan,”pungkas nya. (ryuz)