Peneliti Buktikan Ivermectin Jadi Kandidat Kuat Obat Covid-19

oleh -32 views


tribunpagi.com – Sebuah studi penelitian peer-review baru menunjukkan bahwa penggunaan obat Ivermectin dapat mengakhiri pandemi Covid-19 dengan penggunaan rutin. Saran tersebut muncul setelah peneliti meninjau literatur yang menunjukkan obat tersebut efektif menyembuhkan Covid-19.

Dalam dunia medis, Ivermectin adalah obat antiparasit. Sebuah tim peneliti yang terdiri dari profesional medis yang berbasis di AS mempresentasikan temuan mereka dalam artikel ‘Review of the Emerging Evidence Demonstrating the Efficacy of Ivermectin in the Prophylaxis and Treatment of Covid-19’ muncul di American Journal of Therapeutics.

Dalam makalah mereka, para peneliti menjelaskan bahwa setelah Covid-19 muncul di AS, ada penelitian yang meninjau pengobatan yang berpotensi efektif. Studi baru ini dipimpin oleh Front Line Covid-19 Critical Care (FLCCC), sekelompok ilmuwan dan ahli medis.

Baca Juga: Usai Klaim Yoghurt Efektif Lawan Covid-19, Bos Perusahaan Susu Mundur

Anggota FLCCC meninjau studi peer-review lainnya, meta-analisis dari para ahli di lapangan, dan mempublikasikan data epidemiologi di wilayah yang mengalami distribusi ivermectin. Mereka melaporkan bahwa ivermectin memang profilaksis dan pengobatan yang efektif untuk kasus Covid-19.

“Kami melakukan pekerjaan yang gagal dilakukan otoritas medis, kami melakukan peninjauan paling komprehensif terhadap data yang tersedia tentang ivermectin,” kata presiden, dan kepala petugas medis FLCCC, dalam pernyataan yang pertama kali dilaporkan oleh EIN Presswire dr.Pierre Kory, seperti dilansir dari Science Times, Minggu (9/5).

Dia menambahkan bahwa mereka menggunakan standar emas dalam mengkualifikasi data yang mereka ulas sebelum sampai pada kesimpulan. Di antara poin utama evaluasi termasuk 27 uji coba terkontrol yang pertama kali tersedia pada 21 Januari lalu, 15 di antaranya adalah uji coba terkontrol secara acak (RCT).

Mereka menemukan penurunan yang bermakna secara statistik dalam waktu pemulihan, pembersihan virus, dan bahkan tingkat kematian jika pasien diberikan obat ivermectin. Temuan ini juga konsisten dengan meta-analisis ahli yang berbeda dari Italia, Inggris, Jepang, dan Spanyol.

“Penelitian terbaru kami menunjukkan, sekali lagi, bahwa ketika totalitas bukti diperiksa, tidak ada keraguan bahwa ivermectin sangat efektif sebagai profilaksis dan pengobatan yang aman untuk Covid-19,” jelas anggota pendiri FLCCC dan kepala kedokteran perawatan paru dan kritis di Eastern Virginia Medical School, Paul E. Marik.

Bahkan sebelum rilis penelitian peer-review terbaru, obat antiparasit ini telah ditemukan penggunaannya di berbagai wilayah di seluruh dunia. Afrika Selatan, Slovakia, Republik Ceko, Zimbabwe, Meksiko, dan India telah memberikan persetujuan untuk penggunaan ivermectin oleh para profesional medis sebagai pengakuan atas khasiatnya terhadap Covid-19.

“Kami meminta otoritas kesehatan masyarakat regional dan profesional medis di seluruh dunia untuk menuntut agar ivermectin segera dimasukkan dalam standar perawatan mereka sehingga kami dapat mengakhiri pandemi ini untuk selamanya,” kata Marik.

Sekalipun sudah banyak penelitian tentang obat ini, kelompok kesehatan global menjelaskan bahwa bukti yang tersedia saat ini tentang ivermectin sebagai obat Covid-19 tetap tidak meyakinkan. Sehingga masih diperlukan uji coba lebih lanjut.



Source link