Pendidikan Indonesia Akan Tertinggal Jika Masih Gunakan Cara Lama

oleh -15 views


tribunpagi.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa jika Indonesia tidak beradaptasi dalam perkembangan teknologi, khususnya dalam bidang pendidikan, Indonesia akan semakin tertinggal dengan negara lain. Kata Jokowi, pandemi jangan dijadikan sebuah halangan. Justru krisis ini dapat dimanfaatkan untuk semakin meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar.

“Ini kalau kita gunakan cara-cara lama, ya pendidikan tidak bisa jalan di era pandemi ini nggak akan bisa maju. Perlu cara-cara baru digital hybrid ini dan kita harus cepat adaptasi harus ada kreatif dan ada inovasi-inovasi terus,” jelas dia dalam Podcast Hardiknas 2021 Presiden Jokowi dan Mendikbudristek Nadiem Makarim yang dikutip, Rabu (3/5).

Situasi krisis akibat pandemi seperti saat ini, kata Jokowi, tidak hanya dihadapi oleh Indonesia saja. Lebih dari 215 negara mengalami dan pandemi ini mengubah secara drastis kehidupan. Oleh karenanya, pemerintah memutuskan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) agar meminimalisasi adanya penyebaran.

“Pembelajaran yang dilakukan secara daring dan tantangannya adalah bagaimana memastikan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik, terutama untuk pendidikan dasar dan guru guru dituntut betul-betul untuk kreatif dan inovatif,” tuturnya.

Kondisi pandemi ini juga harus dimanfaatkan untuk mengevaluasi, mengkoreksi total dunia pendidikan Indonesia. Dengan itu, Jokowi juga mengharapkan agar cita-cita SDM Unggul dapat tercapai.

“Agar pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia benar-benar dirasakan oleh rakyat kita di Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote semuanya merasakan,” tandasnya.



Source link