Intensif Guru Honorer di Sulsel Jadi Rp 15 Ribu Per Jam

oleh -18 views


tribunpagi.com–Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan menyatakan mulai 2021 ada kenaikan intensif guru honorer. Dari sebelumnya Rp 10 ribu per jam menjadi Rp 15 ribu/jam.

”Kesejahteraan guru yang kita lakukan khususnya tahun ini honorer dari sebelumnya Rp 10 ribu per jam sekarang Rp 15 ribu per jam,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Muhammad Jufri seperti dilansir dari Antara di Makassar, Selasa (4/5).

Dia menjelaskan, kenaikan insentif itu hanya berlaku bagi tenaga honorer yang dibiayai atau bersumber dari APBD Sulsel. Saat ini jumlahnya mencapai 3.400 orang dari total tenaga hononer di daerah itu sebanyak 11 ribu orang.

”Kan ini dari 11 ribu (guru honorer) dan 3.400 guru di antaranya dibayar di APBD. Sisanya itu dibayar melalui dana bos sekolah. Nah untuk dana BOS diharapkan menyesuaikan keputusan yang kita ambil Rp 15 ribu per jam,” ujar Jufri.

Muhammad Jufri menambahkan, kenaikan insentif bagi guru honorer sudah berjalan tahun ini. ”Untuk yang dibiayai APBD, mulai sekarang (berjalan). Kita minta yang dana BOS menyesuaikan,” tutur Jufri.

Lebih jauh, dia menjelaskan, untuk program guru penggerak di Sulsel, sejauh ini sudah berjalan di Kabupaten Bone, Pinrang, Wajo, Soppeng, Takalar, dan Makassar. Keberadaan guru penggerak di Sulsel begitu penting dalam upaya meningkatkan ilmu dan keahlian bagi para guru yang belum bergabung sebagai guru penggerak.

”Guru penggerak oleh kementerian diharapkan bisa memberikan imbas ke guru lain khususnya dalam ilmu pengetahuan,” kata Jufri.

Saksikan video menarik berikut ini:



Source link