Indonesia Pastikan Bonus Emas Olimpiade Tak Kurang dari Rp 5 Miliar

oleh -36 views


tribunpagi.com – Motivasi atlet yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 berlipat ganda. Kemenpora menjanjikan bonus berlimpah bagi para peraih medali. Nominalnya bisa lebih besar jika dibandingkan dengan edisi Olimpiade Rio 2006.

Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti menuturkan, bonus emas yang diraih Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir pada 2016 mencapai Rp 5 miliar. Jumlah itu diperkirakan menjadi bonus minimal bagi peraih emas Olimpiade tahun ini.

’’Biasanya bonus tidak pernah turun, yang ada itu naik. Contohnya, pas SEA Games, bonus Rp 200 juta juga untuk emas. Ketika perolehan bagus, prestasi naik, ada apresiasi dari Pak Presiden jadi Rp 500 juta,’’ kata Chandra saat jumpa media Selasa lalu (4/5).

Kenaikan bonus memang cenderung terjadi tiap edisi Olimpiade. Saat Olimpiade Rio 2016, peraih perak dan perunggu menerima Rp 3 miliar dan Rp 1 miliar. Naik dari bonus sebelumnya, yaitu Rp 400 juta dan Rp 200 juta.

Chandra menegaskan, bonus untuk peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 tidak akan kurang dari Rp 5 miliar. ’’Meraih prestasi itu tidak mudah. Perak atau perunggu saja sulit, apalagi emas. Bahkan diberikan sebelum keringat atlet kering,’’ lanjutnya.

Hal senada disampaikan Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari. Pria yang akrab disapa Okto itu bahkan mengusulkan agar atlet yang lolos juga mendapat bonus. Saat Olimpiade Rio 2016, atlet yang lolos menerima bonus Rp 100 juta.

’’Perjuangan meraih tiket itu sangat sulit dan butuh perjuangan keras. Rasanya, atlet yang lolos Olimpiade juga patut diberi penghargaan,’’ ujarnya.



Source link