Bazar Digelar Kembali di Surabaya, Dekranasda Upayakan Pelatihan UMKM

oleh -17 views


tribunpagi.com–Guna meningkatkan perekonomian warga Surabaya, Bazar Ramadan 2021 gelar di beberapa tempat. Bazar diselenggarakan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Wonokromo. Acara diresmikan Ketua Dekranasda Surabaya Rini Indriani Eri Cahyadi pada Sabtu (1/5).

”Ini inovasi dari PWNU Kecamatan Wonokromo untuk membuat bazar, tapi tidak meninggalkan protokol kesehatan, sehingga aman. Kita sebagai badan pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, untuk itu butuh bantuan dan dukungan dari masyarakat untuk meningkatkan perekonomian di Kota Surabaya. Melalui UMKM,” ujar Rini istri Wali kota Surabaya tersebut.

Ketua dekranasda menjelaskan, sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Kota Surabaya untuk terus membangkitkan perekonomian warga Surabaya, beberapa event bazar Ramadan digelar dengan protokol kesehatan ketat. Dalam setiap bazar tidak hanya menampilkan produk UMKM, pemkot juga menggelar operasi pasar melalui Disperidag Surabaya.

”Bazar Ramadan di Surabaya ini mungkin agak terbatas ya, karena pandemi. Tapi kami akan bantu melalui Disperindag. Jadi mereka memberikan harga bahan sembako yang murah, sehingga itulah yang bisa dilakukan pemerintah kota,” ujar Rini.

Tak hanya produk makanan, beberapa stan menjual pernak-pernik aksesori, pakaian, juga kue lebaran. Terdapat pula jajaran stan sembako dari operasi pasar yang digelar Pemkot Surabaya.

”Sasaran pasar bazar kali ini hanya warga setempat, jadi selama delapan hari ke depan, warga Kecamatan Wonokromo dapat membeli beberapa produk di bazar yang dibuka MWCNU,” terang Rini.

Ketua Dekranasda Surabaya juga mengupayakan agar ke depannya, pemkot membuka pelatihan packaging produk UMKM bagi warga Surabaya.

”Mungkin dari packaging kurang menarik untuk dijual. Tapi mungkin dari segi inovasi seperti macam-macam es dan kuenya itu inovasi masing-masing. Cuma ya nanti menjadi tugas pemerintah memberikan pelatihan bagaimana meningkatkan rasa dan packaging sehingga layak untuk dijual,” tutur Rini.

Saksikan video menarik berikut ini:



Source link