1 Kasus Mutasi Covid-19 dari Afsel Ada di Bali, Pasien Meninggal Dunia

oleh -21 views


tribunpagi.com – Selain dari India, mutasi Covid-19 yang masuk ke Indonesia ada pula dari Afrika Selatan. Dan ternyata setelah dilakukan pemeriksaan sequencing terdapat satu kasus di Bali. Pasien tersebut pun diketahui sudah meninggal tanggal 16 Februari lalu.

Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi. Namun hasil epidemiologinya diketahui baru-baru ini.

“Kita melihat 1 kasus positif B1351 dari Afrika Selatan terjadi di Bali. Spesimennya diambil pada 25 Januari, pasien ini ternyata pada tanggal 16 Feb sudah meninggal,” kata Nadia secara virtual, Selasa (4/5).

Baca Juga: Ahli Akui Mutasi Virus dari India Miliki Strain yang Rumit

Lalu pemerintah sudah melakukan penyelidikan epidemiologinya. Kesulitannya sebab kasus ini sudah lama dan pasien sudah meninggal.

“Kami menganalisis dari segi epidemiologinya apakah dari laporan-laporan yang ada terjadi peningkatan-peningkatan,” papar Nadia.

Lalu selain mutasi Afsel dan India, Nadia melaporkan ada 3 tambahan varian B117. Yaitu pertama dari Arab Saudi, dan kemudian juga dua kasus B117 pada WNI. Menurut Nadia, varian B117 diduga berasal dati adanya transmisi lokal seperi di Karawang, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Kalimantam Selatan

“Tentunya kita semua berdasarkan data-data yang ada ini untuk mencegah virus-virus ini untuk bertransmisi lebih luas,” tegas Nadia.

Saksikan video menarik berikut ini:



Source link