Vakum Empat Bulan, Andrea Dovizioso Ternyata Bisa Langsung Impresif

oleh -36 views


tribunpagi.com – MotoGP tahun ini bukan sekadar jadi ajang comeback jagoan Repsol Honda Marc Marquez. Ada satu lagi pembalap kawakan yang diprediksi segera kembali ke lintasan. Yakni, Andrea Dovizioso.

Indikator utama terlihat kemarin waktu setempat ketika pembalap 35 tahun tersebut menjajal sirkuit Jerez menunggangi RS-GP milik Aprilia.

Eks pembalap Ducati dan Repsol Honda itu dilaporkan Sky mencatat waktu cukup baik. Antara 1 menit 39,5 detik hingga 1 menit 40 detik. Meski begitu, tes pertama Dovi –sapaan Dovizioso– kemarin adalah adaptasi ergonomis karakter RS-GP.

Sebab, selama ini RS-GP disesuaikan dengan postur Aleix Espargaro yang jauh lebih tinggi daripada Dovi. Yakni, 180 cm berbanding 165 cm.

Meski sebatas uji coba, catatan waktu pembalap asal Italia itu layak jadi perhatian. Sebagai perbandingan, rekor catatan waktu dalam balapan di Jerez dipegang Marquez dua tahun lalu dengan 1 menit 38,051 detik. Cukup impresif untuk ukuran pembalap yang vakum selama empat bulan lantaran tidak memiliki tim.

”Ini motor yang mudah (untuk dikendarai, Red),” ucap Dovi seperti dilansir Sky.

Dovi dijadwalkan melakukan tes lanjutan hari ini dan besok (15/4). Runner-up MotoGP tiga musim beruntun pada 2017–2019 itu juga dijadwalkan kembali menjalani tes bersama RS-GP bulan depan di sirkuit Mugello, Scarperia e San Piero.

Indikator selanjutnya yang menguatkan sinyal bahwa Dovi bakal kembali ke lintasan hadir dari CEO Aprilia Massimo Rivola. Dovizioso bertemu dengan pria 49 tahun itu setelah tes berakhir.

Juga ada direktur teknis Romano Albesiano dan dua pembalap Aprilia Racing Espargaro dan Lorenzo Savadori yang hadir. Pembicaraan hangat antara Dovizioso dan mereka sempat terjadi.

Sejauh ini, Aprilia masih bungkam. Tetapi, berdasar hasil di dua GP awal musim ini yang digelar di sirkuit Losail, Qatar, pada 28 Maret dan 8 April lalu dengan pembalap Aprilia gagal masuk lima besar, kans Dovi bergabung bersama mereka jadi terbuka.

Aleix Espargaro yang merupakan pembalap utama hanya mampu finis di posisi tujuh dan sepuluh. Savadori bahkan hanya sebagai pelengkap dengan finis di posisi 19 dan 20.

Jika hingga tes di Mugello bulan depan hasil yang diraih Dovi memuaskan dan dibarengi dengan Savadori yang terus melempem, Savadori akan turun kasta jadi test rider dan posisinya diisi Dovizioso.

”Akan menjadi epik jika pabrikan Italia diperkuat pembalap Italia (berpengalaman seperti Dovi, Red). Aku bohong jika aku tidak memikirkan tentang Dovi,” papar CEO Aprilia Rivola.



Source link