Tantangan Hadapi 3 Pemain Asing, 3 Naturalisasi, dan Pemain Timnas

oleh -31 views


tribunpagi.com – Persib Bandung tak pernah menelan kekalahan selama berlaga di fase grup Piala Menpora 2021. Mereka pun lolos ke babak perempat final dengan status juara grup D.

Impresifnya performa Persib tak terlepas dari materi pemain yang mereka miliki. Tim berjuluk Maung Bandung itu diperkuat tiga pemain asing, tiga pemain naturalisasi, plus beberapa pemain berlabel timnas.

Bandingkan dengan Persebaya Surabaya yang tampil full lokal. Kekuatan Green Force –julukan Persebaya– akan sedikit tergerus. Sebab, Oktafianus Fernando dan Hambali Tholib cedera. Dua pemain yang menjadi andalan pelatih Aji Santoso dalam tiga pertandingan di babak penyisihan grup C.

Namun, Aji dan pasukannya pantang minder. Dia sudah menyiapkan strategi untuk membendung agresivitas Maung Bandung. Termasuk meredam serangan dari kedua sayap Persib yang dihuni Febri Hariyadi dan Frets Butuan.

”Yang jelas, kekuatan Persib sudah kami antisipasi. Kami kemarin (9/4) latihan taktikal dan hari ini (kemarin, Red) hanya uji coba lapangan,” terang Aji saat jumpa pers menjelang pertandingan babak 8 besar Piala Menpora 2021 melawan Persib Bandung malam nanti (live Indosiar pukul 18.15 WIB).

Pelatih asal Malang itu menegaskan, Persebaya tetap akan bermain menyerang. ”Karena sepak bola saya bukan bertahan,” tegas Aji. Artinya, Persebaya tetap bermain dengan ciri khasnya. Yakni, mengombinasikan satu-dua sentuhan. ”Bermain terbuka dan melihat situasi di lapangan,” ujarnya.

Aji mengakui agresivitas dan produktivitas Persib. Selama fase grup, Persib sudah melesakkan enam gol. ”Tapi, bagi saya, produktivitas bukan utama. Yang penting, menang 1 gol atau setengah pun tidak ada masalah,” ungkapnya.

Beban paling berat bakal dipikul Rachmat Irianto dam Rizky Ridho di bek tengah. Keduanya harus bisa menjaga striker asing Persib Wander Luiz. Striker yang sejauh ini menjadi tumpuan gol Persib. ”Semua pemain Persib perlu diwaspadai. Bukan hanya Luiz. Semua harus dijaga ketat,” kata Aji.

Di kubu lawan, pelatih Robert Rene Alberts menyebut Persebaya tetap ancaman meski dihuni pemain lokal. ”Persebaya memiliki banyak pemain timnas, baik U-23 maupun U-19. Anda bisa melihat para pemain itu dalam kondisi baik, banyak berlari, bekerja dalam kelompok kecil, dan main menekan,” papar Alberts.

Alberts menegaskan, skuadnya datang dengan ambisi lolos ke semifinal. ”Kami ke sini perjalanan selama 10 jam dari Bandung. Tentu kami tidak ingin perjalanan panjang itu sia-sia. Karena itu, kami ke sini untuk menang agar bisa terus bermain bola di turnamen ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Febri Hariyadi yang akan menjadi incaran bek-bek Persebaya juga menyatakan tidak masalah. Menurut dia, bek Persebaya yang berkualitas bagus bakal coba ditembus agar Persib bisa menang. ”Mudah-mudahan, saya bisa mengatasi di pertandingan besok (hari ini),” tutur Febri.



Source link