Pimpin Kementerian Baru, Nadiem Perlu Wamen

oleh -21 views


tribunpagi.com – Nadiem Makarim didapuk untuk memimpin Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Atas hal itu, Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matraji melihat bahwa sosok Nadiem memang cocok jika disandingkan dengan teknologi. Namun, untuk mengelola pendidikan, Nadiem dinilai masih belum mumpuni.

Oleh karenanya, Nadiem dirasa perlu untuk memilih pendamping atau wakil menteri sebagai penyeimbang. Kata Ubaid, yang pasti wakil menteri harus memiliki rekam jejak profesional dalam bidangnya

“Itu penting (wakil menteri), sebelumnya kan tidak ada wakil menteri. Wakil menteri itu harus orang yang punya track record mengurusi pendidikan,” ujarnya kepada tribunpagi.com, Rabu (28/4).

Pasalnya, dengan beban kerja yang bertambah, tentu hal ini dikhawatirkan berpotensi akan memecah fokus peningkatan pendidikan yang membuat semakin melebarnya kesenjangan antar wilayah. Untuk itu, perlu ada wakil menteri yang membantu kerja Nadiem.

“Itu dari Sabang sampai Merauke situasinya beda-beda dan butuh orang yang berpengalaman juga. Penting ada wakil menteri,” jelasnya.

Terkait dengan isu Sekretaris Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti sebagai pendamping Nadiem, kata Ubaid, hal ini masih menjadi tanda tanya.

“Beliau orang yang cukup kompeten di bidang pendidikan, tetapi publik juga masih mempertanyakan ini, apakah pak Abdul Mu’ti ini layak atau tidak, karena selama ini lebih ke konten sosial keagamaan. Kalau misalnya itu (wakil menteri), harus jelas juga visi pendidikannya seperti apa,” pungkasnya.



Source link