Nadiem Minta Jika Anggota Keluarga Ada Komorbiditas, Anak Jangan PTM

oleh -50 views


tribunpagi.com – Satuan pendidikan yang guru dan tenaga kependidikannya sudah melakukan vaksinasi wajib menyediakan opsi pembelajaran tatap muka (PTM). Keputusan ini menimbang banyaknya dampak negatif yang diterima anak didik dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam hal ini juga mengingatkan, apabila ada keluarga yang memiliki penyakit komorbiditas, maka sebaiknya anak tidak menghadiri belajar di sekolah secara langsung.

“Makanya kita berikan untuk anak-anak agar orang tua untuk tidak mengirim anaknya ke tatap muka, karena kalau orang tuanya punya komorbiditas yang tinggi sebaiknya anaknya jangan sekolah dulu,” tutur dia dalam diskusi daring Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Kamis (1/4).

Anak memang diketahui memiliki imun yang tinggi dan jika terkena pun tingkat fasilitasnya rendah, berbeda dengan orang yang sudah dewasa dan memiliki penyakit. Jika anak tetap sekolah, khawatirnya mereka akan menjadi carrier dan timbul lah klaster keluarga.

“Resiko penularan terbesar itu sebenarnya bukan di anak muda, tetapi orang-orang dewasanya, makanya gurunya vaksinasi,” ujarnya.

Bagi orang tua diminta untuk lebih teliti lagi dalam memutuskan hal tersebut. Jangan hanya karena alasan bosan belajar jarak jauh, malah menjadi bumerang orang-orang di rumah.

“Makanya kita berikan itu kepada masing-masing orang tua untuk menentukan tingkat resikonya, tapi sekolahnya harus memberikan opsi tersebut bagi anak-anak yang sudah tidak kuat lagi dan ingin menginginkan kembali ke sekolah karena pembelajaran yang sangat tersendat,” tutup dia.



Source link