Ekspor Alat Rumah Tangga ke AS, SCNP Incar Pendapatan Rp 800 M di 2021

oleh -23 views


tribunpagi.com – Pengembangan produk dan ekspansi pasar yang terus dilakukan PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk (SCNP) mengatasi turunnya permintaan produk di dalam negeri membuahkan hasil. Sejak Februari 2021, perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur peralatan rumah tangga ini mulai melakukan ekspor ke Amerika Serikat.

“Kita telah melakukan ekspor produk Vacuum cleaner sebanyak 6 kontainer sejak Februari ke Amerika Serikat. Tahun ini, kita berharap bisa mengekspor sebanyak 2,2 juta unit dengan nilai sekitar Rp 800 miliar,” ujar Chief Operating Officer PT SCNP Shirly Effendy terkait dengan ekspansi perusahaan, Kamis (1/4).

Langkah perusahaan mengincar pasar ekspor diharapkan bisa meningkatkan dan mengimbangi pasar di dalam negeri yang mengalami tekanan. “Kita berharap penjualan ekspor bisa berkontribusi sebesar 70 persen untuk penjualan, sisanya dari penjualan di dalam negeri,” ujarnya.

Shirly menuturkan bila ekspor produk Vacuum Cleaner Bissel ke Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu sumber pendapatan perusahaan tahun ini.

Lewat sejumlah inovasi dan pembukaan pasar baru, perusahaan berharap bisa membukukan penjualan Rp 1,2 triliun tahun ini, tumbuh dua kali,lipat dibanding penjulan tahun lalu yang mencapai Rp 600 miliar.

“Kenaikan sales kita dibanding 2020 itu sekitar 50-70 persen, naik signifikan karena termasuk penambahan produk baru sehingga signifikan peningkatannya di dalam bisnis planning kita. Kenaikan penjualan juga akan membuat profit juga mengalami kenaikan,” tambah Direktur Keuangan PT SCNP Donny Trinanta Herwindo.

Dirinya membeberkan bila perseroan mengincar laba bersih sebesar Rp 50 miliar pada tahun 2021, lebih baik dibandingkan dengan capaian di tahun 2020.

“Strategi kita tingkatkan volume penjualan, kedua masuk ke produk baru yang belum kita sentuh, seperti produk alat kesehatan sehingga menaikkan volume penjualan kita tahun ini. Kita juga ada new product yang akan kita launching di pertengahan April. Total ada tiga produk baru di luar vacuum cleaner yang  diproduksi massal dan diekspor ke Amerika Serikat (AS),” ucapnya.

Untuk mencapai target tersebut, perusahaaan pun akan menganggarkan dana belanja modal atau capital expenditure sebesar Rp 70 miliar di tahun ini. Dana tersbeeut nantinya akan digunakan untuk mengembangkan usaha seperti perluasan pabrik.

“Kebutuhan dana untuk investasi produk baru atau ekspansi bisnis itu Rp 70 miliar. Sumber pendanaan kami dari beberapa sumber, dari aktifitas perusahaan, kedua dari dana IPO, ketiga kita punya kredit facility dengan bank yamg kita gunakan untuk investasi pengembangan usaha dan dana operasional perusahaan,” jelas Donny.

Sementara untuk jangka menengah 5 tahun ke depan, target volume produksi dan ekspor perseroan adalah 2-3 juta unit per tahun. Selain produk vacuum cleaner, SCNP juga gencar dalam memasarkan produk Air Purifier brand Holmes ke pasar USA. SCNP telah melakukan penetrasi pasar USA untuk produk air purifier ini sejak tahub 2019 lalu secara konsisten dengan animo masyarakat yang semakin tinggi.



Source link