Cicipi Lezatnya Ikan Gindara Woku Khas Manado Saat Berbuka Puasa

oleh -16 views


tribunpagi.com – Kota Manado memiliki beragam khas masakan yang lezat. Salah satunya adalah ikan woku atau bumbu woku. Ciri khasnya, warnanya kuning, seperti bumbu pesmol atau acar.

Di tangan Executive Chef Aston Priority Simatupang Hotel Jakarta Selatan, Chef Joko Hendrasto, bumbu woku bisa menjadi lebih enak lagi dengan sajian ikan khas Jepang, ikan gindara. Menurut Chef Joko, bumbu woku memiliki ciri khas segar dengan disertai daun kemangi dan belimbing sayur.

“Woku itu rempahnya sangat kuat. Yang dipakai rata-rata akar dari jahe, akar lengkuas, lalu serai diramu. Aromanya terutama kemangi itu khas sekali,” katanya kepada tribunpagi.com baru-baru ini.

Baca Juga: Saran Ahli Gizi dalam Memilih Makanan Sehat Untuk Buka Puasa dan Sahur

Chef Joko melakukan inovasi dengan mengubah jenis ikannya menjadi ikan gindara khas Jepang. Aslinya, masyarakat setempat memakai kakap merah atau ikan tude sejenis ikan kembung.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Berikut resepnya untuk sajian 4 porsi.

Bahan-bahan:

800gr ikan gindara
2 sendok makan air jeruk nipis
50 gr cabai rawit hijau, tumbuk kasar
1 batang serai, memarkan
1 lembar daun kunyit
2 batang daun bawang, potong kasar membulat
5 lembar daun jeruk segar
3 buah tomat hijau, kupas, iris tipis membulat
3 sendok makan minyak
200cc air panas
3 buah cabai hijau besar
3 buah cabai merah besar
4 buah belimbing sayur
3 ikat daun kemangi

Bumbu yang dihaluskan :

50gr cabai rawit merah
50gr cabai merah keriting
8 buah bawang merah
8 butir kemiri, sangrai
2cm jahe segar
2cm kunyit segar
1 sendok teh garam

Cara membuat:

Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 15 menit. Setelah itu balur ikan dengan bumbu halus. Masukkan ikan berbumbu ke dalam panci bersama-sama serai, daun kunyit, daun bawang, daun jeruk, dan tomat iris, terakhir masukkan minyak.

Masak dalam panci tertutup di atas api kecil. Setelah bumbu meresap, tuangkan air panas, masak air hingga mendidih. Balikkan ikan secara hati-hati.

Masukkan cabai merah, cabai hijau, dan belimbing sayur. Tutup lagi, masak hingga matang. Terakhir, masukkan daun kemangi. Angkat, sajikan.

Saksikan video menarik berikut ini:



Source link