Berburu Makanan Arab di Jalan KH Mas Mansyur Surabaya

oleh -28 views


tribunpagi.com–Kawasan KH Mas Mansyur Surabaya yang dihuni mayoritas etnis Arab menjadikan daerah itu kental dengan atmosfer Timur Tengah. Itu terbukti dengan banyaknya makanan khas dari negara Arab tersebut.

Selama Ramadan, banyak dijumpai pengunjung dari berbagai daerah berburu takjil maupun makanan berat untuk berbuka. Lalu, apa saja makanan khas Timur Tengah di daerah ini?  berikut beberapa rekomendasi untuk yang ingin mengunjungi daerah ini.

  1. Ayla Resto & Café

Restoran ini terletak di samping Bank Jatim Syariah, tepatnya di Jalan KH Mas Mansyur No. 131 Surabaya. Menurut salah satu pegawai di restoran tersebut, nasi mandhi kambing menjadi buruan utama ketika Ramadan tiba. Harganya terjangkau. Untuk satu porsi nasi Mandhi dibanderol Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu. Menu tersebut juga menjadi andalan di restoran ini. Nasi mandhi merupakan jenis nasi yang berbentuk panjang atau long grain rice.

Selain nasi mandhi, terdapat juga nasi ayla dengan tiga macam warna yakni kuning, oranye, dan putih. Adanya perbedaan rempah rempah yang digunakan sehingga warnanya pun juga bermacam macam.

  1. Yaman Kuliner

Yaman Kuliner terletak di bawah gedung Kemajuan Hotel. Menu utama di restoran ini adalah kambing oven dengan beberapa variasi. Antara lain, kambing oven jumbo, kambing oven rica-rica, kambing oven madu, dan kambing oven lada hitam. Harganya berkisar Rp 80 ribu.

  1. Indian Restoran

Hampir sama dengan Ayla Resto & Café, Indian Restoran juga menyajikan makanan khas Timur Tengah. Lokasinya di Jalan KH Mas Mansyur No. 126. Menu andalan di restoran ini adalah Mutton Briyani atau nasi kebuli dengan potongan daging kambing. Harganya pun berkisar antara Rp 45 ribu sampai Rp 50 ribu. Selain itu juga dapat memesan makanan ringan seperti cheese naan untuk menu takjil. Cheese naan  merupakan roti yang hampir mirip dengan roti Maryam.

Saksikan video menarik berikut ini:



Source link