Balapan Setelah 9 Bulan, Marc Marquez: Saya Lama Mimpi Soal Hari Ini

oleh -24 views


tribunpagi.com-Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo meraih kemenangan keduanya secara beruntun musim ini. Hari ini, Quartararo menjuarai Grand Prix Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao.

Pembalap Ducati Francesco Bagnaia finis runner-up. Sedangkan juara bertahan asal Suzuki Ecstar Joan Mir menempati podium ketiga.

Dengan kemenangan Quartararo, Yamaha menyapu bersih podium teratas di tiga balapan musim ini. Pada seri pembuka di GP Qatar, Maverick Vinales menjadi kampiun. Lalu, Quartararo naik podium teratas pada GP Doha.

Quartararo tidak menjalani start yang mulus pada balapan ini. Meski mengawali balapan dari pole position, pembalap asal Prancis itu kehilangan tiga posisi menuju tikungan pertama. Dia berada di belakang Johann Zarco, Alex Rins, dan Marc Marquez yang menyodok dari P6.

El Diablo, julukan Quartararo, baru bisa merebut kembali pimpinan lomba di lap ke-9. Dia diikuti duet Suzuki Alex Rins dan Joan Mir. Sebelas lap tersisa, Johann Zarco memanfaatkan kekuatan superior motor Ducati di lintasan lurus utama untuk menyalip Mir.

Rins beberapa kali mencetak lap tercepat demi mengejar Quartararo. Namun, sial bagi sang pembalap Spanyol itu, dengan tujuh lap tersisa, dia justru terjatuh dan kehilangan peluang podium.

Quartararo memiliki margin nyaman sekitar lima detik dari rival terdekatnya pada lima putaran terakhir. Saat itu, Bagnaia, mati-matian bertahan dari serangan Mir dan Franco Morbidelli untuk meraih podium.

Namun, tak ada drama di tikungan terakhir lap pemungkas. Quartararo mulus menuju garis finis 4,809 detik di depan Bagnaia. Mir berhak naik podium ketiga. Morbidelli mengamankan poin bagi tim Petronas Yamaha di peringkat empat. Dia berada di depan pembalap KTM Brad Binder.

Juara dunia delapan kali Marc Marquez, yang kembali membalap setelah sembilan bulan berkutat dengan cedera, sempat menyodok ke peringkat ketiga. Namun, akhirnya dia finis di peringkat ketujuh.

“Saya adalah orang yang suka menyimpan emosi di dalam. Tetapi ketika saya berada dengan para mekanik, saya tidak bisa mengontrol emosi saya,” ucap Marquez dikutip dari Crash.net.

“Sudah terlalu lama saya bermimpi tentang hari ini, untuk menyelesaikan sebuah race MotoGP. Ini adalah langkah terbesar dalam rehabilitasi saya, penyembuhan saya. Untuk kembali merasakan sebagai rider MotoGP, adalah impian bagi saya,” imbuh Marquez.

Pembalap gaek Valentino Rossi gagal finis hari ini. Dia menjadi korban setelah mencium gravel tikungan 11 di lap ke-16. Tepatnya, ketika dia mencoba bertarung untuk posisi sepuluh besar. Rossi sendiri start dari posisi ke-17.

Quartararo kini memuncaki klasemen sementara dengan koleksi 61 poin. Dia dibayangi oleh Bagnaia yang terpaut 11 poin di peringkat kedua. Sementara itu, Vinales yang berjarak 20 poin di peringkat tiga.

Balapan seri keempat akan digelar dua pekan lagi di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Spanyol.



Source link