Tip dan Trik Kembangkan Kreativitas dan Imajinasi si Kecil

oleh -20 views


tribunpagi.com – Kreativitas dan Imajinasi merupakan salah satu potensi anak yang perlu dikembangkan sejak dini. Itu karena, kreativitas adalah salah satu pondasi agar anak mampu  menyelesaikan masalah serta mampu berpikir out of the box. Dan, dengan berimajinasi, si kecil dapat lebih mengembangkan potensi seninya dan menjelajah dunia yang baru.

Kreativitas dan imajinasi bisa menjadi modal untuk kesuksesan si kecil, apapun bidang yang dipilihnya kelak ya moms. Misalnya menjadi desainer, model, atau dokter.

Sebagai orang tua, tentunya kita ingin anak kita lebih mengembangkan bakat kreativitas dan imajinasinya. Kadang kita bingung, gimana sih cara yang tepat agar bisa melatih si kecil lebih imajinatif dan kreatif. Berikut ini adalah tip dan trinya.

 

Bebaskan anak untuk bereksplorasi 

Anak berumur 3–12 tahun pasti sudah dibekali dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Jadi, biarkan mereka melakukan eksplorasi terhadap dunia di sekitarnya. Tapi sebagai orang tua, kita juga harus memperhatikan. Harus memberi tahu mana yang bahaya mana yang tidak. Misalnya, kalau anak perempuan yang biasanya penasaran ketika ibunya berdandan, dan melihat kosmetik yang sedang dipakai.

Bunda perlu memberi tahu bahwa kosmetik yang Anda pakai ini tidak boleh digunakan untuk anak, karena mengandung bahan bahan kimia yang berbahaya untuk kulit anak. Agar Anda bisa lebih tenang dan membiarkan anak bisa bereksplorasi dengan riasan, berikan kosmetik khusus untuk anak, seperti Amara Cosmetics for kids bisa menjadi solusi, karena bahan bahan yang aman untuk anak dan juga sudah terdaftar di BPOM juga

 

Biarkan anak berimajinasi

Salah satu cara melatih imajinasi anak adalah dengan memberikan dia mainan-mainan dengan bentuk yang unik.  Beri anak kesempatan untuk memilih mainan yang ia sukai. Salah satu mainan unik yang bisa diberikan untuk si kecil adalah Amara Fantasy Mirror. Selain bentukanya yg unik dengan Cermin Magical, di dalam cermin tersebut terdapat pula berbagai warna eyshadow, lipstik, dan blush on. Si kecil dapat bebas berimajinasi menjadi peri dalam dongeng. Dengan imajinasinya anak akan berusaha  memerankan hal-hal tersebut.

 

Memberikan mainan yang bentuknya unik

Salah satu cara melatih imajinasinya adalah dengan memberikan dia mainan-mainan dengan bentuk yang unik.  Beri anak kesempatan untuk memilih mainan yang anak sukai. Dengan imajinasinya anak akan berusaha  memerankan karakter-karakter kesukaannya bersama mainan miliknya.

 

Bermain dan ajarkan si kecil lebih komunikatif

Bermain juga bisa menjadi salah satu cara melatih kreativitas anak. Mencampurkan berbagai warna dan kombinasi warna dapat melatih jiwa seni anak. Contohnya dengan bermain kuteks bersama anak, selain bisa melatih jiwa seni anak, anak bisa belajar tentang warna. Namun pemilihan kuteks untuk anak harus diperhatikan juga, karena kalau anak memakai kuteks untuk orang dewasa akan berbahaya.

Itu karena, kuteks untuk orang dewasa mengandung bahan kimia. Lalu, dibersihkan harus pakai aseton, yang notabene itu merupakan bahan kimia yang berbahaya untuk anak. Amara Cosmetics for kids menghadirkan kuteks untuk anak dengan 10 macam varian warna yang disukai anak tentunya, selain warnanya yang bervariasi kuteks khusus anak itu juga bisa dikelupas tanpa perlu aseton.

 

Hindari kata “salah”

Anak kecil punya pikiran yang luas dan imajinasi tanpa batas. Karena itulah, biarkan dia terus berkreasi. Jangan batasi imajinasi anak dengan kata-kata “salah”. Misalnya, anak Anda menggambar mobil dengan roda berbentuk segi tiga. Jangan buru-buru bilang dia salah ke dia. Coba tanya, kemudian dengarkan penjelasannya. Dengan begitu, Anda akan mengetahui alasannya, sekaligus juga mendukung imajinasi dan tumbuh kembang anak. (*)

 

Saksikan video menarik berikut ini:



Source link