Mendikbud Nadiem: Subsidi Kuota Gratis Tidak Akan Ada Lagi

oleh -68 views


tribunpagi.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, subsidi kuota data internet 2021 untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen adalah yang terakhir disalurkan. Artinya, subsidi ini tidak akan ada lagi.

Menurutnya, tindakan tersebut dilakukan karena program vaksinasi untuk pendidik dan tenaga kependidikan yang tengah berjalan. Vaksin harapannya dapat menjadi cahaya agar semua warga pendidikan bisa melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) dengan adaptasi kebiasaan baru.

“Enggak ada lagi, karena pada saat itu karena arahan dari pak presiden dan perjuangan baik dari pak Budi di Kementerian Kesehatan dan Kemendikbud, kita telah setuju untuk memprioritaskan para guru-guru ya untuk melakukan vaksinasi,” ujar dia dalam acara Mendedar Kuota Belajar secara daring, Rabu (3/3).

Adapun, program vaksinasi ini akan menyasar 5,8 juta pendidik dan tenaga kependidikan. Diharapkan semua kegiatan dapat terselesaikan pada Juni mendatang. Dengan begitu, pada tahun ajaran baru 2021/2022 sekolah dapat kembali dibuka.

Baca Juga: Anak Muda Demokrat Sebut Jhoni Tinggal di Planet Mars

“Makanya kita sampai dengan akhir Juni, sehingga di minggu kedua dan ketiga Juli tahun ajaran baru itu akan mulai semua sekolah, harus sudah melakukan tatap muka secara terbatas,” ujarnya.

Oleh karena itu, Nadiem mengharapkan, agar semua proses vaksinasi dapat berjalan dengan lancar. Dengan begitu pelaksanaan PTM pun bisa terwujud, sebab, sudah hampir satu tahun mayoritas warga pendidikan tidak melakukan tatap muka.

“Itu yang menjadi target kita, InshaAllah dengan adanya vaksinasi ini kita tidak akan membutuhkan kuota belajar ke depan lagi, karena sekolah sudah divaksin. Nanti (PTM) dengan tetap melakukan protokol kesehatan,” pungkas Nadiem.



Source link