Lawatan ke Jepang, Agus Pamer Potensi Investasi Teluk Bintuni Papua

oleh -46 views


tribunpagi.com – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan selama dua hari di Jepang. Selain bertemu dengan prinsipal otomotif, pihaknya juga melakukan pertemuan dengan perusahaan industri petrokimia Sojitz Corporation guna mendukung pengembangan industri methanol di Indonesia.

Hal tersebut berangkat dari kebutuhan methanol yang semakin meningkat, karena industri methanol memegang peranan yang sangat penting bagi pengembangan industri di hilirnya. “Mereka memiliki ketertarikan untuk berpartisipasi dalam proyek methanol dan ammonia di Kawasan Industri Teluk Bintuni, Papua Barat,” ujarnya dalam keterangannya, Jumat (12/3).

Agus menjabarkan, Teluk Bintuni sendiri, akan menjadi kawasan industri yang berbasis petrokimia terbesar dengan luas sekitar 2.000 hektare (Ha). “Sojitz sangat tertarik untuk berinvestasi di sana, dan kami akan membahasnya lebih lanjut pada kunjungan selanjutnya di bulan Mei mendatang,” ucapnya.

Selain itu, Agus juga bertemu dengan Minister of Economy, Trade, and Industry (METI) Jepang, Kajiyama Hiroshi. Pada pertemuan tersebut, Agus dan Menteri METI membahas hubungan diplomatik kedua negara, khususnya dalam hal program kerja sama New MIDEC di bawah kerangka kerja sama bilateral IJEPA. Menteri METI mengapresiasi UU Cipta Kerja dan kebijakan relaksasi PPnBM.

“Di samping itu, kami juga mempergunakan kesempatan tersebut untuk meminta pemerintah Jepang agar dapat mendorong kepada perusahaan-perusahaan Jepang agar mereka bisa melihat Indonesia sebagai negara tujuan investasi yang sangat baik,” jelasnya.

Agus menambahkan, pihaknya juga melakukan pertemuan dengan Minister of State of Economic and Fiscal Policy, Nishimura Yasutoshi. Keduanya merupakan sahabat lama sebelum bertugas sebagai menteri dinegara masing-masing. Menteri Nishimura bertanggung jawab pada beberapa sektor, diantaranya penanganan Covid-19, revitalisasi ekonomi, reformasi social security, serta Trans-Pacific Partnership (TPP).



Source link