Ganda Putra Nigeria Curi Perhatian di Tengah Prahara All England 2021

oleh -26 views


tribunpagi.com – Indonesia tengah menjadi sorotan publik bulu tangkis dunia setelah secara mendadak dipaksa hengkang dari All England 2021. Didepaknya Merah Putih membuat perhelatan turnamen bulu tangkis tertua di dunia itu menjadi semakin sepi, mengingat negara-negara tangguh lain seperti Tiongkok, Korea Selatan, dan Taiwan tidak ikut serta di turnamen ini.

Tidak adanya para pemain unggulan Indonesia dan negara-negara tersebut membuat drawing All England 2021 hingga babak kedua pada Kamis (18/3) kemarin dihiasi oleh nama-nama yang, boleh dibilang, sama sekali asing.

Pasangan ganda putra asal Nigeria, Godwin Olofua/Anuoluwapo Juwon Opeyori adalah salah satunya.

Sama sekali bukan hal yang mengherankan jika dua nama tersebut tidak pernah sampai ke telinga para pencinta bulu tangkis. Pasalnya, panggung bulu tangkis selama ini dikuasai oleh para atlet dari Asia dan Eropa. Hampir tidak ada atlet asal Afrika yang terdengar.

Meski demikian, para pemain tak dikenal yang menyandang status underdog tidak jarang memberikan kejutan dalam turnamen. Olofua/Opeyori pun demikian. Meskipun mereka kalah dan harus angkat kaki dari Birmingham, namun mereka berhasil mencuri perhatian setelah memberikan perlawanan ketat kepada pasangan Thailand Nipitphon Phuangpuapet/Tanupat Viriangkura.

Nipitphon/Tanupat memang bukan termasuk ganda putra superior, namun menghadapi pasangan Nigeria ini membuat mereka jelas lebih dijagokan menang. Nyatanya, meski tersingkir, Olofua/Opeyori bisa memaksa mereka bermain hingga tiga gim.

Skor berakhir dengan skor 21-19, 17-21, dan 21-8 untuk kemenangan pasangan Negeri Gajah Putih. Walau demikian, sorotan tetap ada pada Olofua/Opeyori.

Dilansir dari laman BWF, keduanya mengaku tidak menyangka bisa tampil dengan baik dalam standar mereka.

“Kami belum terbiasa bermain di arena sebesar ini. Kami bermain bagus, dan ini adalah pencapaian yang sebetulnya tidak kami sangka,” ujar Opeyori.

“Jika kami terus ikut berkompetisi di turnamen level ini, kami yakin bisa mengalahkan pemain-pemain yang levelnya berada di atas, dan satu saat kami juga bisa sekuat mereka,” tutupnya.

Olofua/Opeyori melaju ke babak kedua All England 2021 setelah lolos dari babak pertama tanpa perlu berlaga. Sejatinya, mereka dijadwalkan bertemu dengan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Namun, karena tim Indonesia dipaka pulang, mereka akhirnya mendapatkan tiket babak kedua dengan cuma-cuma



Source link