Dispora Ingin Dirikan Akademi Sepak Bola

oleh -45 views


tribunpagi.com–Stadion Gelora 10 November (G10N) disiapkan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Surabaya untuk menjadi pusat latihan pendidikan sepak bola beragam usia. Mulai umur 10–12 tahun, 13–15 tahun, 15–19 tahun, atau usia senior.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dispora Surabaya Eddy Santoso menjelaskan, batasan usia yang dilatih bakal mengacu pada aturan Porprov Jawa Timur.

”Kalau Porprov Jatim nanti sampai umur 21 tahun, kita tambah usia 17–21 tahun.  Ini adalah hasil seleksi pemain Surabaya, kita akan bikin seperti itu,” ujar Eddy.

Eddy mengaku saat masih bergabung bersama Dinas Pendidikan, juga bergabung bersama diklat sepak bola selama enam tahun. Dari sana, muncul beberapa pemain seperti Misbatul Sholikin, Saefuddin, hingga Evan Dimas.

”Dispora punya keinginan menelurkan altlet berprestasi khususnya sepak bola, kita harus memimpin diklat. Anak-anak Surabaya harus difasilitasi akademi. Akademi adalah bahasa mantan pemain. Bahwasannya lapangan Stadion G10N dan Gelora Bung Tomo bisa digunakan bersama,” kata Eddy.

Rencana itu mendapat respons positif dari beberapa mantan pemain sepak bola yang pernah membela klub Persebaya. Seperti di antaranya, Yusuf Ekodono, Anang Ma’ruf, hingga Jacksen F. Tiago.

”Harapan saya, mari semua masyarakat Surabaya mendukung pemkot untuk menciptakan pemain-pemain berkualitas. Untuk Persebaya khususnya, dan nantinya juga untuk Tim Nasional,” kata Yusuf Ekodono.

Dukungan yang sama juga disampaikan Anang Ma’ruf. Pria yang juga pernah membela klub Persebaya itu menyambut positif rencana Pemkot Surabaya mendirikan akademi sepak bola.

”Adanya program akademi sepak bola ini saya apresiasi. Mungkin adanya pelatihan ini saya harapkan akan muncul kembali talenta-talenta muda,” tutur Anang.

Anang melihat kondisi dunia persepakbolaan saat ini, di Kota Surabaya minim talenta muda. Karena itu, dia sangat mendukung langkah Pemkot Surabaya mengembangkan akademi sepak bola.

”Saya dan Yusuf Ekodono menginginkan bagaimana Surabaya seperti dulu. Terutama Persebaya yang melahirkan talenta-talenta seperti dulu lagi,” ujar Anang.

Saksikan video menarik berikut ini:



Source link