Di Tengah Pandemi, Malaysia Bakal Izinkan Bazar Ramadan dan Idul Fitri

oleh -51 views


tribunpagi.com – Pemerintah Malaysia bakal mengizinkan pelaksanaan bazar Ramadan dan bazar Idul Fitri di seluruh negara bagian negara tersebut pada Bulan Ramadan kali ini. Namun, harus dengan protokol kesehatan yang ketat menyusul pandemi belum berakhir.

“Musyawarah komite teknis setuju untuk mengizinkan operasi Bazar Ramadan dan Bazar Idul Fitri di seluruh negeri sepanjang Ramadan ini,” ujar Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Seri Ismail Sabri Yakoob.

Ismail Sabri mengatakan dalam rapat komite teknis turut dibicarakan beberapa hal yang memudahkan umat Islam membuat persiapan. Sejumlah SOP penting yang perlu dipatuhi di antaranya lokasi di kawasan terbuka, menyediakan jalan satu arah yakni pintu masuk dan keluar berbeda, pendaftaran aplikasi My Sejahtera di pintu masuk, dan pembatasan jumlah pengunjung.

Kemudian waktu operasi Bazar Ramadan mulai pukul 15.00 petang hingga 20.00 malam dan Bazar Idul Fitri dari pukul 10.00 pagi hingga 24.00 tengah malam. “Walau bagaimanapun, dari sudut lokasi, jumlah gerai serta ukuran lapak dan lain-lain akan ditentukan oleh pihak berkuasa setempat di negeri masing-masing,” beber Ismail Sabri.

Selain itu, musyawarah juga setuju untuk mengizinkan salat tarawih secara berjamaah di masjid dan surau di seluruh negara. “Jumlah kehadiran jamaah adalah tergantung kepada pihak berkuasa agama di negeri-negeri,” pungkas Ismail Sabri.

Saksikan video menarik berikut ini:



Source link