Wagub DKI Jakarta Pastikan Tak Ada Lockdown Akhir Pekan Selama PPKM

oleh -24 views


tribunpagi.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan, belum ada rencana penerapan lockdown akhir pekan di Ibu Kota. Saat ini kebijakan pembatasan masih mengacu pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kami masih melaksanakan PSBB sampai tanggal 8 atau PPKM jilid dua. Dimana dalam program PPKM jilid dua atau PSBB sampai tanggal 8, tidak ada program lockdown di akhir pekan,” kata pria yang akrab disapa Ariza itu di Kantor PMI, Jakarta, Kamis (5/2).

Ariza mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam beberapa hari ke depan akan memimpin rapat internal bersama Forkopimda dan ahli epidemiologi. Rapat ini mengagendakan pembahasan kebijakan yang akan diambil 14 hari ke depan setelah PPKM jilid 2 selesai.

Selain itu, Anies bersama 5 Gubernur lainnya juga telah rapat bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pemerintah pusat. Rapat tersebut juga membahas ihwal upaya pengendalian Covid-19.

“Ya, nanti isinya tanyakan sama Pak Gubernur yang hadir. Tanyakan pada pihak Istana ya. Pokoknya intinya di situ rapat bagaimana penanganan pengendalian Covid-19,” jelas Ariza.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mulai mempertimbangkan opsi lockdown pada setiap akhir pekan. Hal itu menyusul masih tingginya penyebaran Covid-19, serta dinilai tidak efektifnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Tentu DKI Jakarta akan melakukan kajian, analisa. Nanti Pak Gubernur juga memimpin rapat-rapat internal apakah usulan dari DPR RI dimungkinkan,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Rabu (3/2).

Ariza mengatakan, opsi lockdown akhir pekan ini datang dari DPR RI, seperti kebijakan yang diterapkan di Turki. Dia mempersilakan jika DPR RI akan menyampaikan usulan tersebut kepada pemerintah pusat.

“Kami pada prinsipnya Pemprov DKI Jakarta meyakini program-program usulan dari siapapun termasuk teman-teman DPR RI akan dipertimbangkan dengan baik,” imbuhnya.

Ariza meyakini, pemerintah pusat memiliki banyak pakar, dan ahli yang akan terus membuat kajian terhadap lockdown akhir pekan. Sehingga kebijakan yang diambil pun pasti untuk kebaikan masyarakat.



Berita ini telah tayang di Situs JAWA POS