Infid Usulkan Pernikahan Usia di Bawah Umur Bisa Kena Pidana

oleh -36 views


tribunpagi.com – Kasus kampanye yang dilakukan oleh Aisha Wedding menyorot perhatian publik. Pasalnya, yang dipromosikan adalah menikah pada usia dini mulai dari 12 tahun.

Hal ini pun memicu konflik, sebab minimal usia menikah adalah 19 tahun. Peraturan itu telah tecantum di dalamĀ Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perkawinan.

Salah satu yang mengecamnya adalah Ketua Dewan Pengurus International NGO Forum on Indonesian Development (Infid) Dian Kartika Sari. Dia mengusulkan agar menikah siri di usia dini dikenakan hukum pidana.

“Saya pernah mengusulkan tindakan perkawainan siri terhadap orang yang berusia di bawah batas minimal 19 tahun, itu dipidana,” ujar Dian dalam Telekonferensi Pers Respon Terhadap Kasus Promosi Perkawinan Anak, Kamis (11/2).

Sebab, jika tidak dilakukan pidana terhadap praktik perkawinan siri, maka ini akan menjadi celah atau terobosan bagi masyarakat atau trafficker untuk melakukan bisnis perdagangan manusia sehingga mendapatkan keuntungan.

Baca Juga: Nama Moeldoko Disebut dalam Kasus Dugaan Suap dan Gratifikasi Nurhadi

Baca Juga: Jhoni Allen Disebut Jadi Otak Kudeta, Elite Demokrat Bakal Blak-blakan

Kemudian, kata dia situasi Covid-19 ini juga diambil sebagai peluang oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan. Padahal situasi sedang krisis.

“Saya melihat Aisha Wedding, ada kan event organizer lain, tetapi saya melihat event organizer ini mengambil keuntungan dalam situasi yang sangat buruk karena ada pandemi Covid yang mengakibatkan kemiskinan,” tandasnya.



Berita ini telah tayang di Situs JAWA POS