Direktur Teknik Utrecht yakin Potensi Terbaik Bagus Kahfi Bisa Muncul

oleh -22 views


tribunpagi.com – Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri sudah diresmikan FC Utrecht Jumat lalu (5/2) sebagai pemainnya. Bagus dikontrak klub asal Belanda itu selama satu tahun dengan opsi perpanjangan dua tahun.

Pemain yang berposisi striker tersebut bakal memulai karirnya di tim U-18. Jika penampilannya terus menanjak, Bagus bakal naik ke jenjang yang lebih tinggi untuk bermain bersama Jong Utrecht di Eesrte Divisie atau Divisi Dua Liga Belanda.

Dan, jika penampilannya mengesankan, bukan tidak mungkin Bagus bermain di FC Utrecht yang berlaga di Eredivisie. Tentu menjadi prestasi yang luar biasa kalau Bagus bisa bermain di kasta tertinggi Liga Belanda.

Direktur Teknik FC Utrecht Jordy Zuidam menjelaskan kebijakan timnya untuk memainkan Bagus di level junior. Hal itu merupakan upaya untuk membantu Bagus beradaptasi. Bukan hanya di sisi permainan, melainkan juga adaptasi cuaca, budaya, dan bahasa.

Jordy yakin Bagus bisa memunculkan potensi terbaiknya di Belanda. Keyakinan tersebut tak terlepas dari pemantauannya selama ini. Bagus merupakan pemain berbakat dengan dribel yang lincah.

”Bagus sudah membuktikan di klub dan timnas kategori usia muda dengan berbagai gol yang dibuat,” ujarnya dikutip dari laman resmi.

Penampilan Bagus Kahfi memang sangat impresif sebagai juru gedor di depan gawang lawan. Dia membukukan total 16 gol saat bergabung dengan Garuda Select jilid II di Inggris dan Italia. Catatan itu mengantarkannya sebagai top scorer.

Bagus pun merasa sangat senang bisa menjadi bagian dari klub di Eropa. Pemain berambut kribo itu sudah tidak sabar untuk menunjukkan kebolehannya. ”Klub besar dengan ambisi besar dan saya benar-benar tidak sabar untuk menjadi bagian darinya,” tulis Bagus di Instagram miliknya.

Animo yang cukup besar atas pengumuman kontrak Bagus juga dimanfaatkan pihak klub dengan menjual jersey.

Di situs resminya, kaus kandang FC Utrecht bertanda tangan Bagus Kahfi dibanderol dengan harga 50 euro atau sekitar Rp 844 ribu. Harga tersebut merupakan harga diskon karena harga awalnya mencapai 69,99 euro atau Rp 1,181 juta.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri bersyukur karena Bagus menambah daftar banyak pemain Indonesia yang berkarir di luar negeri. ”Mudah-mudahan, mereka bisa mengembangkan diri mereka,” ujar Indra.

Pelatih asal Padang tersebut mengingatkan pemain, khususnya Bagus, untuk siap beradaptasi dengan kultur sepak bola Eropa. ”Mulai teknis hingga sikap-sikap profesional,’’ timpalnya.

Lantas, dengan banyaknya pemain yang merumput di Eropa, apakah bakal berdampak bagi timnas? ”Jangan dihubungkan degan prestasi mereka dulu. Kalau dia nggak kerja keras dan nggak mampu bersaing, dampaknya buat sepak bola Indonesia tentu nggak bisa instan begitu,” bebernya.



Berita ini telah tayang di Situs JAWA POS