Kepala Baznas: Sedekah di Masa Pandemi Memiliki Pahala Luar Biasa

oleh -24 views


tribunpagi.com – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Noor Achmad menyambut baik catatan pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) mereka. Sebab catatan pengumpulan ZIS Baznas di tengah pandemi tetap naik mencapai 30 persen. Menurut dia sedekah di masa pandemi memiliki nilai lebih.

Pria yang belum lama dilantik sebagai Ketua Baznas itu menuturkan, ada banyak manfaat ketika zakat, sedekah, atau infak dikeluarkan di masa-masa pandemi seperti sekarang. Di masa-masa banyak umat atau masyarakat yang mengalami kesusahan.

’’Sedekah di masa pandami memiliki nilai lebih. Bisa menolak balak dan memperpanjang umur,’’ jelasnya di Jakarta Selasa (19/1). Menurut dia fungsi dana zakat, infak, dan sedekah di masa pandemi ini memiliki kekuatan pahala yang luar biasa. Sebab dalam penyalurannya telah membantu atau menolong para mutahik yang kesusahan atau kelaparan.

Untuk itu Noor mengatakan jajaran Baznas akan terus memaksimalkan penghimpunan dana zakat di masa pandemi ini. Kemudian juga menyalurkannya untuk mendukung mengatasi persoalan di tengah pandemi. Baik itu persoalan terkait kesehatan maupun dampak ekonominya.

Dalam kesempatan itu Noor juga mengapresiasi jajaran Baznas yang berhasil mempertahankan sertifikat manajemen mutu ISO 9001:2015. Menurut dia keberhasilan itu merupakan wujud manajemen Baznas untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat.

Ia mengatakan, sertifikat ISO 9001:2015 merupakan bukti profesionalitas Baznas dalam melayani muzakki dan mustahik. Sistem tata kelola dana umat di Baznas selama ini telah teruji dan dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.

Noor menuturkan, dalam melaksanakan dua perannya sebagai koordinator sekaligus operator pengelolaan zakat nasional, Baznas perlu menyempurnakan sistem sesuai standar ISO 9001:2015. Supaya pengelolaan zakat berjalan efektif dan efisien.

’’Alhamdulillah Baznas kembali berhasil menorehkan capaian positif pada masa-masa krisis akibat pandemi Covid-19 ini,’’ kata dia. Penghargaan ini tentu harus jadi kekuatan yang memicu kita ke depan, karena penghargaan ini sekaligus menunjukkan manajemen Baznas yang berjalan telah memenuhi persyaratan yang berlaku.

Selain itu, Noor menambahkan, pencapaian ini juga merupakan bentuk integritas amil yang tinggi serta dukungan kepercayaan penuh dari masyarakat. Baznas mampu membuktikan sebagai organisasi yang maju dan memenuhi target yang ditetapkan. ’’InsyaAllah setiap tahun target penghimpunan melebihi yang ditetapkan, tahun ini naik 30 persen. Kinerja penghimpunan mampu berjalan baik, meski saat ini dalam pembatasan aktivitas fisik akibat pandemi. BAZNAS tetap berupaya maksimal dalam memberikan layanan baik kepada mustahik maupun kepada para muzaki,” kata Noor. (*)

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:



Berita ini telah tayang di Situs JAWA POS