Kenaikan Upah Guru Honorer Sulsel pada 2021 Terancam Batal

oleh -34 views


tribunpagi.com–Rencana kenaikan upah guru honorer tahun ini di Sulawesi Selatan terancam batal. Pasalnya anggaran yang diusulkan sebesar Rp 57 miliar ternyata tidak terealisasi pada APBD Tahun 2021.

”Sebelumnya, upah guru honorer dari awalnya Rp 10 ribu per satuan ajaran pendidikan per hari rencananya dinaikkan menjadi Rp 15 ribu tahun ini. Sayangnya Pemprov Sulsel ternyata tidak menambah anggaran untuk upah honorer guru pada TA 2021,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan (Sulsel) Hery Sumoharto seperti dilansir dari Antara di Makassar, Jumat (29/1).

Kendati demikian, Hery Sumoharto masih tetap berharap agar rencana tersebut dapat direalisasikan dengan kondisi anggaran yang tetap sama seperti tahun lalu senilai Rp 38 miliar.

Menurut dia, Dinas Pendidikan Sulsel masih mencari upaya lain melalui dana BOS. Selain itu, 9 ribu dari 11 ribu guru honorer akan mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Sehingga, jika lulus sisa anggaran guru honorer yang terpakai dialihkan untuk tambahan upah bagi yang tak ikut PPPK.

Menyikapi hal tersebut, salah seorang guru honorer di Pulau Salius yang merupakan pulau terluar di Kabupaten Pangkep, Sulsel Sudirman mengaku berbesar hati menerima kondisi itu.

”Jika memang tidak ada kenaikan upah guru honorer tahun ini, kami justru lebih berharap dapat masuk dalam kuota P3K,” kata Sudirman.

Dia mengatakan, telah menjadi guru honorer selama kurang lebih 10 tahun di SMA Negeri 18 Kabupaten Pangkep dengan segala keterbatasan. Meski demikian, kecintaan pada dunia pendidikan dan mewujudkan cita-citanya menjadi guru sejak kecil, membuat dia tetap optimistis menjalani kehidupan sebagai guru honorer.

Saksikan video menarik berikut ini:



Berita ini telah tayang di Situs JAWA POS