Guru Mengaku Sudah Sosialisasikan Skema AN ke Orang Tua

oleh -46 views


tribunpagi.com – Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) yang ditunda ke September 2021 masih menjadi polemik. Pasalnya, belum semua warga pendidikan memahami esensi dari AN.

Namun, terdapat beberapa guru yang telah memahami AN dan juga telah mensosialisasikan skema penyelenggaraan AN kepada orang tua. Hal itu disampaikan oleh Tri Worosetyaningsih, guru SMP N 2 Pakem, Sleman, Yogyakarta.

“Pasti, mereka banyak menanyakannya, tapi pak menteri di YouTube, dari dinas ada sosialisasi terkait AN, itu kami sosialisasikan ke orang tua. Jadi tidak ada orang tua yang khawatir soal nilai dan tidak ada kendala apapun karena itu bukan penentu kelulusan ke jenjang selanjutnya,” terang dia webinar Merdeka Belajar, Transformasi Pendidikan Indonesia, Jumat (22/1).

“Terekait UN diganti AN, kami menyiapkan dan melakukan pelatihan kepada guru nantinya mengajar siswa untuk mengajak siswa bernalar kritis,” sambungnya.

Guru juga sebisa mungkin mengajar secara holistik, atau memandang sesuatu secara global dengan harapan siswa mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahn yang ada di kehidupan sehari-hari.

“Jadi tidak bisa di bimbelkan, ngga bisa didorong anak-anak nilainya bagus. AN buat guru dan siswa itu tidak terbebani,” terang Tri.

Akan tetapi, pihaknya tidak mempersiapkan secara khusus kepada guru agar dapat mengajak siswa berpikir kritis. “Dengan bangkit, siswa nantinya bisa menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang holistik dan komprehensif,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:



Berita ini telah tayang di Situs JAWA POS