Rekor Gol Lionel Messi Diprotes, Santos Klaim Pele Cetak 1.091 Gol

oleh -19 views


tribunpagi.com-Lionel Messi mencatat rekor yang bakal sulit dilakukan pesepak bola mana pun. Yaitu, menjadi pemain yang paling banyak mencetak gol untuk satu klub. Bersama FC Barcelona selama 16 tahun (2004–sekarang), Messi sudah mengoleksi 644 gol.

Messi mengungguli capaian legenda sepak bola Brasil Pele yang mengumpulkan 643 gol selama membela Santos FC (1956–1974).

Namun, kemarin (28/12) Santos mengeluarkan pernyataan yang membantah rekor La Pulga –julukan Messi– itu. Dalam laman resminya, klub yang berjuluk Peixe itu menyebut gol Pele yang sebenarnya mencapai 1.091 gol!

Baca Juga: Skema Tukar Guling Penting Bisa Terjadi antara Inter Milan dan PSG

’’Mereka coba menghilangkan 448 gol yang dia (Pele) cetak melawan klub-klub top pada musim-musim itu,’’ tulis Santos dalam pernyataan resminya.

Versi Santos, penghitungan jumlah gol seharusnya tidak hanya dilakukan dalam laga-laga kompetitif. Sebab, gol yang diciptakan Pele dalam laga persahabatan maupun ekshibisi lumayan banyak.

Hal itulah yang menimbulkan masalah. Sebab, penghitungan statistik laga nonkompetitif memang jarang dilakukan. Apalagi, untuk periode sebelum 1990-an.

”Argumen dari beberapa analis, banyak dari 448 gol itu dicetak dalam laga persahabatan melawan tim kecil atau regional yang lemah. Padahal, semua pertandingan itu digelar atas persetujuan dari federasi nasional maupun regional yang tentunya berafiliasi dengan FIFA,” klaim Santos.

Jika memasukkan gol dalam laga nonkompetitif, statistik Messi jelas kalah. Sebab, laga-laga semisal pramusim biasanya malah tidak jadi prioritas bagi pemain utama seperti La Pulga.

Terlepas dari perdebatan itu, ada kans Messi memperbanyak tabungan golnya bersama Barca. Sebab, dilansir Mundo Deportivo, Messi telah mengabaikan kemungkinan dia pergi dari klub asal Catalan tersebut di bursa transfer musim dingin pada Januari 2021.



Berita ini telah tayang di Situs JAWA POS