P2G: Asesmen Nasional Belum Siap untuk Dilaksanakan

oleh -24 views


tribunpagi.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melaksanakan Asesmen Nasional (AN) pada Maret 2021. Tetapi, menurut Perhimpunan untuk Pendidikan Guru (P2G), AN tersebut belum siap untuk dilaksanakan.

’’P2G meminta Kemendikbud membatalkan rencana pelaksanaan AN Maret 2021,’’ ujar Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim dalam keterangannya kepada tribunpagi.com, Senin (28/12).

Dia menyatatakan, ada beberapa alasan AN belum siap untuk dilaksanakan. Salah satunya adalah hal mendasar, yakni tidak adanya naskah akademik dan Peraturan Menteri yang mengatur AN.

Dia menambahkan, di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, pelaksanaan AN terlalu dipaksakan. Pasalnya, warga pendidikan masih menghadapi tantangan pembelajaran jarak jauh (PJJ), pembiasaan pembelajaran tatap muka (PTM). Jadi melaksanakan AN tidak akan optimal. ’’Tiba-tiba siswa mesti mengikuti AN, ini sungguh tidak berkeadilan,’’ serunya.

Masih banyak pelajar, guru dan orang tua yang tidak memahami apa itu AN, sosialisasi yang dilakukan juga tidak terlihat. Kata Satriwan, persiapan Kemendikbud tidak matang dalam hal sosialisasi.

Kemudian juga, apabila AN bertujuan untuk memotret kualitas pembelajaran di sekolah, maka sejatinya Indonesia telah memiliki potretnya. Kemendikbud bisa melihat nilai Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (Aksi), Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS), Programme for International Student Assessment (Pisa) dan Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG). ’’Hasil semua dari platform penilaian tadi menunjukkan pendidikan Indonesia memang masih rendah,’’ ucapnya. (*)

 

Saksikan video menarik berikut ini:



Berita ini telah tayang di Situs JAWA POS