Jusuf Kalla Bawa Misi Perdamaian di Afghanistan

oleh -24 views


tribunpagi.com – Wakil Presiden RI Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla membawa misi perdamaian dan kemanusiaan dalam lawatan ke Afghanistan sejak Rabu (23/12). Pertemuan intens dilakukan dengan wakil pemerintah Afghanistan.

Kemarin (24/12) JK bertemu dengan Menteri Luar Negeri Republik Islam Afghanistan Mohammad Haneef Atmar. Dalam pertemuan tersebut, JK dan Haneef bertukar pikiran tentang langkah-langkah perdamaian.

JK membagikan pengalaman menyelesaikan konflik di Indonesia. Salah satunya konflik di Aceh. Langkah-langkah apa saja yang ditempuh hingga perdamaian bersemi di Bumi Rencong.

Baca juga: JK Merasa Bersalah Tak Bisa Tekan Konsumsi Rokok, Singgung Siapa?

Sementara itu, Haneef menyampaikan sejumlah harapan kepada JK. ’’Di antaranya, senantiasa memberi support bagi penegakan perdamaian di negaranya (Afghanistan, Red),’’ kata JK. Selain itu, JK diharapkan bisa memfasilitasi pertemuan ulama se-Asia.

Baca juga: Dicatut Proyek Bansos Mensos, Dewan Masjid Indonesia Lapor Polisi

Pertemuan itu berlangsung sehari setelah JK bersua Menteri Agama dan Haji Republik Islam Afghanistan Mohammad Qasim Halimi. Rabu lalu JK dan Qasim berbincang di Istana Presiden Afghanistan Char Chinar Palace di Kabul. ’’Kita ingin Pak JK dan ulama Indonesia memfasilitasi dialog ulama Afghanistan dan ulama Taliban untuk mengakhiri konflik,’’ jelasnya.

Menurut Qasim, konflik di Afghanistan terjadi akibat perbedaan pendapat antara faksi-faksi di Afghanistan. Masing-masing faksi mencari model pemerintahan Islam yang cocok bagi negara berpenduduk 32 juta jiwa itu. Pemerintah Afghanistan ingin segera mengakhiri tindak kekerasan dan saling bunuh antarwarga yang dipicu perbedaan pendapat tersebut.

Baca juga: AS Serang Taliban, Kesepakatan Damai Terancam Gagal

Menanggapi permintaan tersebut, JK menyatakan komitmennya untuk terus merangkul pihak-pihak yang berkonflik. Mereka akan diajak untuk berunding mengakhiri kekerasan.

JK juga menyatakan siap mengajak ulama-ulama di Indonesia untuk berbicara dengan Taliban. Harapannya, mereka bersedia berdialog dengan pemerintah Afghanistan. Dia akan berkoordinasi dengan MUI dan melapor kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin sepulang dari Afghanistan.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 



Berita ini telah tayang di Situs JAWA POS