Hari Ini Diprediksi Puncak Arus Balik Natal

oleh -18 views


tribunpagi.com – Hari ini (27/12) diperkirakan terjadi puncak arus balik libur Natal. Jasa Marga memperkirakan, lonjakan kendaraan yang akan kembali ke Jakarta mencapai 178.887 kendaraan atau 13,82 persen dari volume lalu lintas normal.

Sejak H-2 (23 Desember) hingga hari H perayaan Natal (25 Desember), Jasa Marga mencatat lebih dari 483.072 kendaraan meninggalkan Jabotabek. ”Jumlah ini naik 17,4 persen jika dibandingkan lalin normal,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru kemarin (26/12).

Kendaraan yang akan kembali ke Jakarta, kata Heru, diprediksi didominasi kendaraan yang melintasi gerbang tol Cikampek Utama arah Jakarta. Jumlahnya diperkirakan 57.404 kendaraan atau meningkat 35 persen dari volume lalin normal.

”Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi waktu perjalanan. Hindari kembali ke Jakarta pada waktu puncak 27 Desember 2020 demi perjalanan yang lebih nyaman,” kata Heru.

Baca juga: Libur Nataru, 356 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Sementara itu, kepadatan masih terpantau di Bandara Soekarno-Hatta. Kantor kesehatan bandara airport health center menjadi yang tersibuk dengan melayani total 40.000 calon penumpang pesawat yang melakukan rapid test antigen dalam 7 hari waktu operasi. Yakni, 18 hingga 24 Desember 2020.

Baca juga: Rekor, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta 55 Kali Angkutan Lebaran

Dalam kunjungannya kemarin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapreasiasi kolaborasi di antara stakeholder bandara sehingga pelaksanaan tes Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta berjalan lancar. Menhub juga mengapresiasi cukup banyaknya lokasi tes Covid-19 yang tersebar di 8 titik serta 3 alternatif yang dapat dipilih calon penumpang pesawat untuk melakukan tes. Yaitu, pre-order service, drive-thru service, dan walk in service sehingga pelaksanaan tes dapat terdistribusi dengan baik.

Baca juga: Menhub Pastikan Protokol Kesehatan Diterapkan Dengan Baik di Bandara

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, ketika diketahui hasil rapid test antigen dari calon penumpang pesawat adalah positif, calon penumpang akan diarahkan dari airport health center ke ruang isolasi/ruang kesehatan.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 



Berita ini telah tayang di Situs JAWA POS