Cedera Lutut Parah, Philippe Coutinho Bisa Absen Lama

oleh -30 views


tribunpagi.com-Januari bagi gelandang serang FC Barcelona Philippe Coutinho tak ubahnya pisau bermata dua. Antara Januari yang manis dan Januari yang kelabu.

Manis karena di awal tahun yang notabene pertengahan kompetisi, Coutinho masih bisa mendapatkan klub baru untuk membangkitkan performanya. Pada bursa transfer musim dingin 2013, misalnya, Coutinho meninggalkan Inter Milan untuk merangkai kesuksesan bersama Liverpool FC.

Dua tahun lalu, O Magico atau Si Penyihir menjadi rekrutan termahal kedua di dunia setelah Neymar Jr saat bergabung dengan Barca.

Baca Juga: Rekor Gol Lionel Messi Diprotes, Santos Klaim Pele Cetak 1.091 Gol

Sayang, Januari 2021 menjadi Januari yang kelabu bagi Coutinho. Pemain asal Brasil itu harus mengawali tahun dengan agenda menjalani operasi karena cedera. ”Jadwalnya pekan depan,” tulis Barca di laman resmi klub seperti dilansir Mundo Deportivo.

Kemarin (30/12), saat menghadapi SD Eibar, Coutinho mengalami cedera lateral meniskus lutut kiri. Padahal, dia hanya masuk sebagai pengganti Miralem Pjanic pada menit ke-66. ’’Dia bakal absen empat bulan,” tulis Diario AS atas cedera yang dialami Coutinho.

Sepanjang karir, ini kali ketujuh Coutinho mengalami cedera pada Januari!

Dua kali dialami ketika masih membela Inter (2011 dan 2012). Lalu, tiga kali bersama LFC (2013, 2016, dan 2017) yang membuatnya menepi total selama 113 hari. Saat baru bergabung Barca (Januari 2018), Coutinho juga absen selama 25 hari akibat cedera hamstring.

Jika absen lama, bukan hanya peluang Coutinho untuk memperbaiki karirnya bersama Barca yang berantakan. Melainkan juga ada klausul bonus yang tidak bisa diterima LFC dari Barca dalam waktu dekat.

Klausul itu berbunyi, Barca harus membayar GBP 18 juta (Rp 344,1 miliar) saat Coutinho mampu mencatatkan 100 pertandingan kompetitif bersama mereka. Sejauh ini, Coutinho baru menorehkan 90 laga kompetitif.



Berita ini telah tayang di Situs JAWA POS