Anak Buah Donald Trump Sebut Tiongkok Berambisi Jadi Penguasa Dunia

oleh -31 views


JawaPos.com – Salah satu anak buah Donald Trump yang merupakan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menilai Presiden Xi Jinping berambisi Tiongkok bisa menguasai dunia. Menurut Pompeo, Xi Jinping selalu melakukan kontrol total di dalam negeri dan menjadikan Tiongkok memiliki kekuatan nomor satu di luar negeri.

Pompeo menilai pemimpin tertinggi Tiongkok itu juga membangun kekuatan militer dan memanipulasi organisasi internasional sebagai bagian dari rencananya. Pompeo mengatakannya selama pidato virtualnya di Institut Teknologi Georgia dalam pidato khusus.

“Sekretaris Jenderal (dari Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa) Xi Jinping telah menjelaskan niatnya. Anda hanya perlu mendengarkan apa yang dia katakan. Dia bilang dia ingin kontrol total di dalam negeri, dan menjadikan Tiongkok kekuatan nomor satu di luar negeri. Dan dia sedang dalam perjalanan untuk mengerjakan proyek itu,” sebut Pompeo seperti dilansir dari Times of India.

Baca juga: Ingin Akhiri Konflik, Tiongkok Tegaskan Buka Pintu Damai dengan AS

“Dia (Xi Jinping) membangun Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok. Dia memanipulasi organisasi internasional untuk keuntungan Beijing. Dan dia terlibat dalam kampanye pengaruh yang luas di seluruh dunia,” kata Pompeo.

Xi, 67, telah mengumpulkan kekuasaan yang belum pernah ada sejak Ketua Mao Zedong. Dia sekarang adalah Presiden, Sekretaris Jenderal BPK dan Ketua Komisi Militer Pusat. Pada 2018, Parlemen Tiongkok menghapus batas dua masa jabatan kepresidenan, yang memungkinkan Xi untuk tetap berkuasa seumur hidup.

“Partai Komunis Tiongkok menggunakan cengkeraman mereka pada kekuasaan, dan membangun negara represif berteknologi tinggi seperti yang belum pernah dilihat dunia,” kata Pompeo.

AS minggu lalu memberlakukan pembatasan visa pada pejabat Tiongkok dan individu yang terlibat dalam operasi pengaruh di luar negeri. Di satu sisi sikap berbeda selalu diutarakan oleh Tiongkok saat menanggapi AS. Tiongkok dalam pernyataannya selalu ingin membuka pintu damai terhadap AS.

Saksikan video menarik berikut ini:



Berita ini telah tayang di jawapos