20 Selebritas yang Tutup Usia pada 2020

oleh -21 views


tribunpagi.com – Selain diwarnai pernikahan dan persalinan artis, tahun 2020 juga dihinggapi kesedihan dengan meninggalnya sejumlah artis hebat tanah air. Beberapa diantaranya ada yang meninggal karena Covid-19. Berikut 20 artis yang tutup usia sepanjang 2020.

1. Ria Irawan
Artis Ria Irawan meninggal setelah sempat berjuang melawan penyakit kanker getah bening stadium empat yang sudah cukup lama dideritanya. Ia meninggal dunia pada usia 50 tahun di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, pada 6 Januari 2020. Pada hari yang sama, Ria Irawan dibaringkan dalam peristirahatan terakhir di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

2. Ade Irawan
Selang sekitar dua minggu dari meninggalnya Ria Irawan, ibunya yang merupakan aktris senior , Ade Irawan, menyusul menghadap Sang Khalik. Dia mengembuskan napas terakhir pada usia 82 tahun setelah mengalami sakit paru-paru. Kondisi kesehatan aktris yang bermain dalam puluhan judul film itu semakin menurun setelah Ria Irawan tiada.

Sebelum meninggal, Ade Irawan sempat mendapat penanganan intensif di Rumah Sakit Fatmawati. Ia kemudian mengembuskan napas terakhir Jumat, 17 Januari 2020. Jenazahnya dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Pemakaman Ade Irawan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

3. Didi Kempot
Meninggalnya penyanyi Didi Kempot sangat mengejutkan publik. Pasalnya tidak ada kabar ia terjatuh sakit. Tiba-tiba pada 5 Mei 2020 pagi, terdengar kabar sang maestro Campur Sari telah tiada. Didi Kempot meninggal pada pukul 07.30 WIB di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah. Dia mengembuskan napas terakhir pada usia 53 tahun.

Meninggalnya Didi Kempot menjadi kesedihan mendalam bagi barisan penggemarnya. Pasalnya ia tiada saat berada di puncak karir dan memiliki banyak sekali penggemar fanatik. Pemakamannya dilaksanakan di Ngawi, Jawa Timur. Makam almarhum pun masih kerap didatangi para peziarah dari berbagai daerah.

4. Ashraf Sinclair
Meninggalnya Ashraf Sinclair, suami Bunga Citra Lestari juga cukup mengejutkan bagi banyak orang. Ia meninggal di tengah kondisi kesehatannya sedang bugar. Bahkan malam hari sebelum tutup lembaran hidup, Ashraf masih sempat berolah raga.

Almarhum menghembuskan napas terakhir pada 18 Februari 2020. Kematian Ashraf menyisakan duka mendalam bagi BCL dan keluarga. Jenazah Ashraf dimakamkan di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

5. Glenn Fredly
Kematian Glenn Fredly juga cukup mengejutkan bagi banyak orang. Ia meninggal pada usia muda, 44 tahun pada 8 April 2020. Sama seperti Didi Kempot dan Ashraf, publik tak mengetahui penyakit pasti Glenn. Namun sejatinya ia sudah merasakan sakit beberapa waktu sebelum meninggal.

Glenn Fredly mengalami sakit radang selaput otak atau meningitis. Jelang meninggal, ia rajin mengikuti acara konser virtual untuk acara penggalangan dana guna membantu orang-orang terdampak Covid-19. Salah satunya, Glenn mengikuti konser virtual yang diadakan oleh Narasi di bawah komando Najwa Shihab.

Istri Glenn Fredly, Mutia Ayu saat berdoa saat prosesi pemakaman jenazah Glenn Fredly di TPU Tanah Kusir, Jakarta, Kamis (09/04/2020).–Foto: Imam Husein/Jawa Pos

6. Oding Nasution
Musisi senior Oding Nasution meninggal setelah berjuang sekitar 4 tahun melawan sakit ginjal dan harus cuci darah secara rutin. Ia meninggal pada 27 Februari 2020. Jenazahnya dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta pada Jumat, 28 Februari 2020.

7. Rama Aiphama
Penyanyi Sayyid Muhammad bin Syagab Al Idrus atau akrab dengan nama Rama Aiphama meninggal pada 11 Maret 2020. Penyanyi yang ngehits era 80-an itu wafat setelah sempat mengeluhkan sakit pada bagian lambung. Ia tutup lembaran hidup pada usia 63 tahun. Jenazahnya dimakamkan di TPU di bilangan Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

8. Erwin Prasetya
Musisi Erwin Prasetya, mantan basis Dewa-19 meninggal setelah mengalami pendarahan pada bagian lambung. Dia wafat pada 2 Mei 2020. Pemakamannya dilaksanakan di pemakaman Keputih, Surabaya.

9. Adi Kurdi
Aktor senior Adi Kurdi tutup usia pada 8 Mei 2020. Ia meninggal di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) di bilangan Cawang, Jakarta Timur, setelah sempat mendapatkan penanganan intensif. Sempat beredar kabar Adi Kurdi meninggal karena Covid-19. Namun tidak lama kemudian hal itu dibantah. Adi Kurdi meninggal akibat terjadi sumbatan pada bagian otak.

10. Allan Wangsa
Artis Allan Wangsa meninggal di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta pada 4 Februari 2020 akibat gagal ginjal. Ia dimakamkan di kampung halamannya yaitu di daerah Cipanas, Jawa Barat.

11. Purwaniatun
Pesinetron spesialis ART Purwaniatun meninggal dunia pada 23 Maret 2020. Sebelum meninggal, ia sempat menjalani operasi kanker rahim.

Namun pascaoperasi, kondisinya tidak kunjung membaik. Ia malah mendapat perawatan intensif di rumah sakit hingga 40 hari. Setelah itu, Purwaniatun meninggal tepat pada usia 66 tahun.

12. Omas
Pelawak Omas meninggal dunia setelah cukup lama sakit dan dirawat di rumah sakit. Ia meninggal setelah sempat berjuang melawan penyakit paru-paru dan diabetes yang dideritanya. Omas mengembuskan napas terakhir pada 17 Juli 2020. Jenazahnya dimakamkan di TPU Cisalak, Depok, Jawa Barat.

Omaswati – INSTAGRAM GADING MARTEN

13. Barli Asmara
Desainer Barli Asmara meninggal pada usia muda, 42 tahun. Ia meninggal di sebuah rumah sakit di Pulau Dewata Bali.

Almarhum meninggal akibat mengalami radang otak yang disebabkan oleh virus Toksoplasma. Ada juga yang menyebut Barli Asmara meninggal akibat masalah pada bagian pencernaan dan penyakit paru. Semasa hidup, ia termasuk desainer kenamaan dan belum pernah menikah.

14. Yopie Latul
Musisi senior Yopie Latul meninggal akibat positif Covid-19. Dia mengembuskan napas terakhir pada 9 September 2020. Jenazahnya dikremasi dan kemudian abunya dibawa ke TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

15. Ade Firman Hakim
Aktor muda Ade Firman Hakim meninggal pada 14 September 2020 akibat Covid-19. Keluarga sempat tidak terima Ade Firman disebut meninggal gara-gara Covid-19 dan sempat meminta supaya dimakamkan di pemakaman keluarga. Namun jenazahnya tetap dimakamkan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 di TPU Tegal Alur Kalideres, Jakarta.

16. Abi Cancer
Abi Cancer, aktor laga pemeran Wiro Sableng meninggal dunia pada 22 Maret 2020. Ia mengembuskan napas terakhir pada usia 70 tahun akibat mengalami serangan jantung.

Penyakit jantung dideritanya sudah cukup lama. Selain masalah pada jantung, Abi Cancer juga mengalami masalah pada bagian lambung. Jenazahnya dimakamkan TPU Pondok Ranggun, Jakarta Timur.

17. Hengky Solaiman
Aktor senior Hengky Solaiman meninggal pada usia 78 tahun pada Jumat, 15 Mei 2020 sekitar pukul 16.40 WIB akibat penyakit komplikasi yang dideritanya. Jenazahnya dikremasi dan abunya dilarung di laut lepas Minggu (17/5) atas permintaan almarhum.

18. Gatot Brajamusti
Mantan Ketua Umum PARFI Gatot Brajamusti meninggal di Rumah Sakit Pengayoman Jakarta pada 8 November 2020. Ia mengembuskan napas terakhir akibat penyakit diabetes dan hipertensi. Jenazahnya dimakamkan di daerah asalnya yaitu Sukabumi, Jawa Barat. Gatot Brajamusti meninggal selama masa menjalani hukuman atas sejumlah kasus yang menjeratnya.

19. Melisha Sidabutar
Kontestan Indonesian Idol 2021 Melisha Sidabutar meninggal pada 8 Desember 2020. Dia wafat saat usia belia, 19 tahun. Setelah sempat dikabarkan meninggal akibat terjadi pada masalah jantung, keluarga kemudian mengklarifikasi.

Melisha Sidabutar ternyata mengembuskan napas terakhir bukan karena jantung, tapi akibat pembengkakan pada saluran pernapasan dan memiliki penyakit tipes. Jenazah Melisha dimakamkan di TPU Pedurenan Bekasi Jawa Barat.

Melisha Sidabutar. (Instagram)

20. Papa T Bob
Pencipta lagu anak Papa T Bob meninggal dunia pada 10 Juli 2020. Ia tutup lembaran hidup pada usia 63 tahun. Sebelum meninggal ia sempat mengeluhkan sesak napas.

Ia pun sempat dilarikan ke rumah sakit Budi Asih Jakarta Timur namun di dalam perjalanan mengalami pingsan. Sesampainya di rumah sakit, dokter menyatakan nyawanya tidak tertolong. Jenazah Papa T Bob dimakamkan TPBU Jurang Mangu, Pondok Ranji, Tangerang Selatan.



Berita ini telah tayang di Situs JAWA POS